Struktur birokrasi antara kerajaan-kerajaan Hindu-buddha di berbagai daerah (Kerajaan Sriwijaya)

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Struktur birokrasi antara kerajaan-kerajaan Hindu-buddha di berbagai daerah (Kerajaan Sriwijaya)

Post by Admin on Mon Sep 30, 2013 7:52 am

Struktur Birokrasi Kerajaan Sriwijaya
Kerajaan sriwijaya merupakan kerajaan maritim yang pernah membawa harum nama bangsa Indonesia hngga jauh ke luar wilayah Indonesia. Sebagai kerajaan maritim, maka sasaran dalam perluasan wilayah kekuasaannya lebih banyak tertuju untuk menguasai daerah lautan, maupun jalur dan pusat-pusat perdagangan yang sangat strategis pada masa itu.
Penguasaan terhadap jalur dan pusat-pusat perdagangan oleh kerajaan sriwijaya merupakan hal penting, karena dengan menguasai jalur dan pusat – pusat perdagangan itu, kerajaan sriwijaya dapat menambah pendapatan kerajaan. Dari pendapatan ini kerajaan sriwijaya dapat membangun angkatan perang yang kuat untuk keamanan dan ketentraman kerajaan. Dalam beberapa prasasti disebutkan tentang pelaksanaan suatu keputusan raja lengkap dengan perincian hadiah atau sanksi yang dapat diterima dalam suatu peristiwa. Selain itu, ditemukan prasasti-prasasti yang mencatat masalah- masalah penyelesaian hukum sengketa antar warga. Hal yang menarik bahwa sebagian prasasti memuat ancaman-ancaman atau kutukan-kutukan yang ditujukan kepada keluarga raja itu sendiri. Walaupun kedengaran aneh, namun ada pendapat yang menganggap bahwa hal itu sangat mudah terjadi, karena keluarga-keluarga raja yang menjadi ancaman itu, kekuasaannya berada diluar pengawasan langsung dari raja yang berkuasa.
Dengan demikian, struktur birokrasi yang diterapkan oleh kerajaan sriwijaya bersifat langsung, karena raja memegang peranan penting dalam pengawasan terhadap tempat-tempat yang dianggap strategis. Raja dapat memberikan penghargaan terhadap penguasa daerah yang setia dan sebaliknya dapat menjatuhi hukuman terhadap penguasa daerah yang tidak setia.
avatar
Admin
Admin

Jumlah posting : 28
Join date : 11.02.13

Lihat profil user http://sejarah.forumid.net

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik