Masa-Masa Kerajaan Hindu Budha (Kerajaan Kutai)

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Masa-Masa Kerajaan Hindu Budha (Kerajaan Kutai)

Post by Admin on Mon Sep 30, 2013 6:55 am

Kerajaan Kutai
a. Lokasi Kerajaan
Berdasarkan sumber-sumber berita yang berhasil ditemukan menunjukkan bahwa Kerajaan Kutai terletak di Kalimantan Timur, yaitu di Hulu Sungai Mahakam. Nama Kerajaan yang disesuaikan dengan nama daerah tempat penemuan prasasti, yaitu didaerah Kutai. Hal ini disebabkan, karena setiap prasasti yang ditemukan tidak ada yang menyebutkan nama dari kerajaan tersebut. oleh karena itu para ahli menyebutnya Kerajaan Kutai. Wilayah Kerajaan Kutai mencakup wilayah yang cukup luas, yaitu hampir menguasai seluruh wilayah Kalimantan Timur. Bahkan pada masa kejayaannya Kerajaan Kutai memiliki wilayah yang sangat luas, yaitu hampir sebagian wilayah Kalimantan.  
b. Sumber Sejarah
Sumber yang menyatakan, bahwa Kalimanta Timur telah berdiri dan berkembang kerajaan yang mendapat pengaruh Hindu (India), yaitu ditemukannya beberapa peninggalan berupa tulisan (prasasti). Tulisan itu berhasil ditemukan pada tujuh tiang batu yang disebut dengan nama Yupa, yaitu tiang batu yang digunakan untuk mengikat hewan korban yang merupakan persembahan rakyat Kutai kepada para dewa yang dipujanya. Tulisan yang terdapat pada yupa tersebut mempergunakan huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta.
c. Kehidupan politik
Sejak muncul dan berkembangnya pengaruh Hindu (India) di Kalimantan Timur terjadi perubahan dalam tata pemerintahan, yaitu dari pemerintahan kepala suku menjadi pemerintahan kerajaan dengan seorang raja sebagai kepala pemerintah. Raja yang pernah memerintah Kerajaan Kutai adalah Raja Kudungga, adalah raja pertama yang berkuasa di Kerajaan Kutai. Kedudukan Raja Kudungga pada awalnya adalah seorang kepala suku. Dengan masuknya pengaruh Hindu, ia mengangkat dirinya menjadi raja sehingga pergantian raja dilakukan secara turun-temurun; Raja  Aswawarman, prasasti yupa menyatakan pula bahwa Raja Aswawarman merupakan seorang raja yang kuat dan cakap. Pda masa pemerintahannya, wilayah kekuasaan Kutai diperluas lagi. Hal ini dibuktikan dengan pelaksanaan upacara Asmawedha. Upacara-upacara ini pernah dilakukan di India pada masa pemerintahan raja Samudraghupta ketika ingin memperluas wilayahnya. Upacara dilaksanakan dengan pelepasan kuda dengan tujuan menentukan batas kekuasaan Kerajaan Kutai; dan. Raja Mulawarman, merupakan putra dari Raja Aswawarman, ia merupakan raja terbesar di Kerajaan Kutai. Dibawah pemerintahannya, kerajaan Kutai mengalami masa yang gemilang. Rakyat hidup tentram dan sejahtera. Dengan keadaan seperti itu Raja Mulawarman mengadakan upacara kurban emas yang amat banyak.
avatar
Admin
Admin

Jumlah posting : 28
Join date : 11.02.13

Lihat profil user http://sejarah.forumid.net

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik